Timbangan Biasa saja Tak Cukup, Begini Cara Memeriksa Berat Badan Normal

Timbangan Biasa saja Tak Cukup, Begini Cara Memeriksa Berat Badan Normal
Menurunkan berat badan. Foto:Dietsmart

jpnn.com - Apakah berat badan anda sudah ideal? Cobalah ukur dengan kalkulator BMI (body mass index). Ini merupakan cara untuk bisa mengetahui proporti tubuh seseorang normal atau tidak.

Caranya dengan membagi berat badan dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter kuadrat. Ada lima kategori BMI, yaitu underweight, normal, overweight, obese I, dan obese II.

Anda patut hati-hati jika hasil kalkulator BMI Anda menunjukkan kategori non-normal. Pasalnya, hal ini bisa mengarah ke berbagai potensi penyakit serius di masa depan seperti diabetes sampai stroke.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengidealkan berat badan agar hasil dari kalkulator BMI Anda pun bisa menuju ideal.

Cara sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan berat badan ideal yang menyehatkan.

Jangan Lewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Anda bisa kehilangan nutrisi penting. Tidak makan pada pagi hari pun bisa membuat Anda lebih banyak mengemil sepanjang hari akibat mudah merasa lapar.

Makanlah secara Teratur

Mulai menghitung berat badan lewat aplikasi SehatQ dan mengikuti setiap petunjuk untuk berat badan normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News