Timnas U-23 Pantau Enam Pemain Senior

Timnas U-23 Pantau Enam Pemain Senior
Pelatih timnas U-23 Aji Santoso. Foto: Guntur Aga/dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Timnas U-23 proyeksi Asian Games 2014 memastikan untuk memanfaatkan kuota tiga pemain senior. Saat ini, pelatih timnas U-23 Aji Santoso tengah memantau enam pemain senior untuk menambah kekuatan Garuda Muda " sebutan timnas U-23 - di Incheon, Korsel, September nanti.

Meski begitu, Aji enggan membocorkan nama-nama pemain tersebut. Hanya, dia memastikan bahwa enam pemain itu mewakili tiap posisi. "Kami butuh pemain senior di lini belakang, tengah, dan depan. Ada enam pemain yang kami nominasikan," ungkapnya kemarin (25/5).

Menurut Aji, kriteria pemain senior yang dipilih adalah penampilan yang konsisten, bisa menjadi leader, dan mampu mengangkat performa lini yang ditempatinya.
 
Hanya, dengan kompetisi yang berjalan sampai akhir tahun dan persiapan timnas senior menghadapi Piala AFF, Aji mengantisipasi apabila klub pemain bersangkutan berat melapaskan pemain incarannya. Karena itu, Aji membuka opsi memanggil pemain bukan timnas senior asalkan memiliki skill bagus.
 
"Kami harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan timnas senior. Nanti pasti akan ada komunikasi dengan Alfred Riedl (pelatih timnas senior, Red) maupun dengan klubnya," terang pelatih asal Malang tersebut.    
 
Rencananya, Aji baru akan mengumumkan nama-nama pemain senior itu saat dipanggil dalam pemusatan latihan gelombang kelima Juli mendatang. Saat itu dinilai tepat karena ada jeda waktu yang cukup untuk menyatukan pemain senior dan U-23 yang telah selesai diseleksi.
 
Dari informasi yang digali koran ini, nama-nama pemain senior yang dipantau Aji tak jauh dari Victor Igbonefo (Arema Cronus), M. Roby (Pusam), Ahmad Jufriyanto (Persib), Raphael Maitimo (Mitra Kukar), sampai Greg Nwokolo (Persebaya), dan Sergio van Dijk (Sepahan).
 
Sosok Igbonefo bek yang kuat dalam boyd charge maupun bola udara sangat dibutuhkan timnas U-23. Begitu pula dengan Roby maupun Jufriyanto yang cepat dan mampu membaca dengan baik serangan lawan. Sedangkan di lini tengah, Maitimo sangat ideal menempati holding midfielder dalam skema 4-2-3-1 yang diusung Aji.
 
Nah, di lini depan, Greg yang memang menjadi pilihan utama Riedl selama ini memang tidak salah masuk dalam pertimbangan. Tapi, apabila Aji membutuhkan striker berpostur kekar dan kuat dalam bola-bola atas, Van Dijk adalah opsi terbaik. (aam/dns)   

Pemain Yang Dipantau
Belakang
Victor Igbonefo (Arema Cronus)
M. Roby (Pusam)
Ahmad Jufriyanto (Persib)

Tengah
Raphael Maitimo (Mitra Kukar)

Depan
Greg Nwokolo (Persebaya)
Sergio van Dijk (Sepahan)


JAKARTA - Timnas U-23 proyeksi Asian Games 2014 memastikan untuk memanfaatkan kuota tiga pemain senior. Saat ini, pelatih timnas U-23 Aji Santoso


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News