Timun Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?

Timun Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi?
Mentimun. Foto: Pixabay

jpnn.com - Tekanan darah tinggi alias hipertensi menjadi penyakit yang semakin dekat dengan masyarakat.

Mengutip Pusat Data & Informasi PERSI (PDPERSI), hasil Riset Kesehatan Dasar 2007, prevalensi hipertensi di Indonesia mencapai 31,7 persen.

Sayangnya dari jumlah tersebut, hanya 7,2 persen yang mengetahui dirinya terkena hipertensi dan hanya 0,4 persen yang minum obat.

Padahal hipertensi adalah jenis penyakit yang paling mudah mengundang penyakit lain untuk ikut menyerang tubuh.

Saat Anda memiliki hipertensi, maka risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lain pun akan meningkat. Hipertensi tidak bisa diobati, namun bisa dikontrol dengan obat dan pola makan. Salah satu makanan yang disebut bisa mengontrol hipertensi adalah timun.

Sebenarnya tak ada satupun makanan tunggal yang bisa menurunkan tekanan darah seseorang. Namun, dengan menambahkan timun ke dalam menu makanan sehat, terbukti bisa menghindarkan Anda dari lonjakan angka tekanan darah. Hal ini berkat kandungan yang ada dalam setiap timun.

Sebagai satu jenis makanan favorit, timun memiliki kandungan sodium yang cenderung kecil. Dalam satu buah timun, hanya memiliki kandungan 6 mg sodium. Seperti diketahui, penderita hipertensi dianjurkan untuk sebisa mungkin menghindari konsumsi sodium.

Selain itu, timun juga mengandung kalium yang berperan besar dalam mengontrol tekanan darah. Setidaknya setiap buah timun mengandung sekitar 442 mg kalium.

Daripada mengira-ngira, lebih baik baca artikel ini selengkapnya agar tidak salah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News