Tinggal Satu Nama Kandidat Cawapres Jokowi Masih Misteri

Tinggal Satu Nama Kandidat Cawapres Jokowi Masih Misteri
Baliho JOIN ((Jokowi - Cak Imin) yang terpajang di jalan raya Gatot Subroto Jakarta. FOTO: CHARLIE L/INDOPOS

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Jokowi kembali membocorkan nama- nama kandidat cawapres pendampingnya di Pilpres 2019 mendatang.

Setelah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, tiga nama lainnya dibocorkan ke publik, Senin (17/7).

Ketiga nama tersebut adalah Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi yang juga anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. Serta Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Ketiganya, kemarin mendampingi Jokowi saat memberikan kuliah umum di Akademi Bela Negara (ABN) Nasdem, di kawasan Pancoran, Jakarta. Usai acara, Jokowi menegaskan jika ketiganya masuk dalam bursa cawapres yang digogoknya. "Masuk, masuk kantong," kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu menjelaskan, pihaknya memang memiliki banyak kantong. Sehingga memungkinkan adanya banyak nama. "Harus dimengerti ya. Kantong saya itu nggak cuma satu. Kantong luar ada, kantongan dalam ada. Kantong celana ada kanan dan kiri. Masih ada kantongan belakang juga ada," imbuhnya

Untuk diketahui, sebelumnya, Jokowi menyebut sudah ada lima nama yang mengerucut di kantongnya. Jumlah itu didapat dari sepuluh nama yang sebelumnya digodok.

Terkait siapa sosok yang paling berpotensi mendampinginya, Jokowi belum mau menjawab. Dia beralasan masih digodok lebih matang. Saat ini, pihaknya sendiri terus melakukan komunikasi dengan ketua umum partai-partai pendukungnya.

"Masih digodok biar mateng. Kalau mateng kan itu nanti enak semuanya. Kalau ga mateng dikeluarkan gimana nanti," tuturnya.

Presiden Jokowi sudah menyebut empat nama kandidat cawapres pendampingnya di Pilpres 2019 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News