Tingkat Kepuasan Dosen terhadap Kampus Merdeka Lebih Tinggi Dibanding Mahasiswa

Tingkat Kepuasan Dosen terhadap Kampus Merdeka Lebih Tinggi Dibanding Mahasiswa
Rektor UKRIDA, Dr. dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK (K). Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) mendapatkan dana hibah dari Kemendikbudristek.

Menurut Rektor UKRIDA Dr. dr. Wani Devita Gunardi, Sp.MK (K), bantuan pendanaan program penelitian kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen.

Tak terkecuali masyarakat yang menjadi target dari pendanaan hibah yang diusulkan UKRIDA.

"Saya mengapresiasi topik-topik yang diusulkan masing-masing tim penelitian maupun pengabdian masyarakat dirancang sangat menarik dan relevan dalam kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM)," kata Rektor Wani Devita Gunardi dalam seminar hasil bantuan pendanaan program penelitian kebijakan MBKM secara hybrid, baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut Dr. Lidia Sandra dari tim penelitian 1 memaparkan hasil riset mereka. Tim ini menitikberatkan pada faktor determinan partisipasi mahasiswa dalam program MBKM, antara lain pengaruh sosial, kondisi pendukung, keputusan pemerintah, rekognisi, insentif keuangan, utilitas, serta kemudahan. 

Berdasarkan survei terhadap 745 partisipan, tim menemukan di luar dari keputusan pemerintah, ternyata pengaruh sosial memiliki peran sangat penting terhadap partisipasi program MBKM.

Dari riset yang dilakukan Lidia dan tim menunjukkan pengetahuan manfaat dan ketertarikan mahasiswa terhadap program MBKM sangat tinggi sekitar 81,6%.

Begitu juga tingkat kepuasan pelaksanaan program MBKM mencapai 84,78% bagi dosen dan 71,74% bagi mahasiswa. 

Hasil riset yang dilakukan UKRIDA terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka menunjukkan dosen lebih puas dibandingkan mahasiswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News