Tingkatkan Ekspor, Bea Cukai Makin Gencar Beri Asistensi kepada Pelaku Usaha

Tingkatkan Ekspor, Bea Cukai Makin Gencar Beri Asistensi kepada Pelaku Usaha
Bea Cukai Nunukan saat menggelar FGD dalam upaya meningkatkan ekspor komoditi pertanian, pada Kamis (20/5). Foto: humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus berupaya meningkatkan potensi ekspor dengan memberikan asistensi kepada pelaku usaha sekaligus mempererat sinergi baik dengan instansi pemerintah lainnya.

Upaya itu merupakan langkah penting Bea Cukai dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai Sudiro mengatakan instansinya tidak hanya memberi pelayanan dan fasilitas yang baik, tetapi juga memberikan bimbingan, edukasi, dan asistensi kepada para pelaku usaha.

Langkah bea Cukai itu juga diimbangi dengan sinergi dengan berbagai instansi teknis terkait dalam membantu meningkatkan potensi ekspor.

Di Kalimantan Utara, Bea Cukai Nunukan mengadakan focus group discussion (FGD) dengan instansi terkait dan pelaku usaha dalam upaya meningkatkan ekspor komoditi pertanian, pada Kamis (20/5).

Kegiatan yang melibatkan beberapa instansi pemerintah dan asosiasi pengusaha di bidang pertanian itu membahas dan mencari solusi atas permasalahan terkait upaya peningkatan ekspor komoditas pertanian di Kabupaten Nunukan.

"Kabupaten Nunukan adalah wilayah yang strategis dari sisi perekonomian, pertahanan dan keamanan. Pemerintah dan pelaku usaha harusnya dapat menciptakan interaksi positif khususnya dalam hubungan dagang dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina," ucap Sudiro.

Selain itu, lanjut Sudiro, Kabupaten Nunukan sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi Desa Devisa sekaligus sasaran Bea Cukai dalam memberikan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor kepada industri kecil dan menengah (KITE IKM).

Asistensi itu merupakan langkah penting Bea Cukai dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News