Tingkatkan Kualitas Produk UMKM, Bea Cukai Gelar Sosialisasi di 3 Kota ini

Tingkatkan Kualitas Produk UMKM, Bea Cukai Gelar Sosialisasi di 3 Kota ini
Bea Cukai kembali menggelar sosialisasi dan asistensi ekspor. Hal itu untuk meningkatkan kualitas hasil produksi dan memperluas potensi pemasaran para pelaku. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali menggelar sosialisasi dan asistensi ekspor.

Hal itu untuk meningkatkan kualitas hasil produksi dan memperluas potensi pemasaran para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Diikuti puluhan UMKM, kali ini digelar di tiga wilayah, masing-masing di Cimahi, Magelang, dan Tembilahan.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa sosialisasi dan asistensi ekspor kepada UMKM merupakan upaya membantu para pengusaha UMKM mampu menembus pasar ekspor.

“Berbagai wilayah di Indonesia memiliki produk UMKM yang berkualitas dan harus dikembangkan,” imbuhnya.

Bea Cukai Bandung hadir memenuhi undangan Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Cimahi dalam rangka sosialisasi penyiapan ekspor dan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) IKM bagi UMKM di Wilayah Kota Cimahi.

Dihadiri sekitar 25 UMKM, kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya penyiapan UMKM agar lebih fokus mempersiapkan produk, dari segi kuantitas maupun kualitas, juga mempersiapkan dokumen- dokumen sertifikasi dari intansi teknis terkait, untuk menunjang proses di negara tujuan.

“Penting mengetahui regulasi di negara tujuan dan menyiapkan kemasan produk yang semenarik mungkin karena personal branding adalah kesan pertama. Selain itu perlu menyiapkan aspek legal dokumen ekspor impor, dan optimalisasi fasilitas KITE IKM,” ujar Hatta.

Bea Cukai kembali menggelar sosialisasi dan asistensi ekspor. Hal itu untuk meningkatkan kualitas hasil produksi dan memperluas potensi pemasaran para pelaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News