Tingkatkan Mobilitas Warga, TNI AD dan Vertical Rescue Bangun Jembatan Gantung

Tingkatkan Mobilitas Warga, TNI AD dan Vertical Rescue Bangun Jembatan Gantung
TNI AD dan Vertical Rescue membangun jembatan. Foto: Dok. Dispenad

jpnn.com, TANGERANG - Komunitas Vertikal Rescue Indonesia bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat (AD) membangun jembatan gantung di Kecamatan Gunung Kaler, Tangerang, Banten.

Kegiatan ini merupakan realisasi program 1.000 jembatan gantung yang dicanangkan.

"Sebelum ada jembatan gantung, hasil panen masyarakat diangkut menggunakan perahu yang ditarik menggunakan tali," kata Dandim 0602/Serang Kolonel Inf. Soehardono dalam video yang diunggah YouTube TNI AD, Selasa (10/8).

Jika musim hujan atau banjir, aliran Sungai Cidurian yang memisahkan Kabupaten Serang dengan Kabupaten Tangerang tidak bisa dilalui warga menggunakan perahu karena sangat berisiko.

Selain mobilitas warga, berbagai bahan kebutuhan pokok masyarakat juga akan terkendala atau terhenti bila air Sungai Cidurian meluap.

Masalahnya, sungai tersebut merupakan akses utama warga dari maupun ke Kabupaten Tangerang, Banten.

Apabila jembatan gantung tersebut selesai dibangun, berbagai hasil bumi dari Desa Carenang menuju Gunung Kaler akan lebih mudah diangkut menggunakan sepeda motor.

"Ini akan menghemat waktu, biaya, dan mobilitas bisa berjalan baik. Itulah yang betul-betul dinikmati oleh rakyat," katanya.

TNI AD dan Vertical Rescue merealisasikan program 1.000 jembatan gantung untuk meningkatkan mobilitas warga Gunung Kaler, Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News