Tingkatkan Pelayanan, Pelindo II Terapkan Transaksi Non-Tunai

Tingkatkan Pelayanan, Pelindo II Terapkan Transaksi Non-Tunai
Pelindo III. Foto IST

jpnn.com, PALEMBANG - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II berupaya meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasabta dengan menerapkan sistem Cashless (transaksi non tunai).

Menggandeng Bank Mandiri, mengimplementasikan Cashless guna memudahkan dan mempercepat proses bisnis di pelabuhan.

Sinergi kedua BUMN tersebut, teruang dalam perjanjian kerjasama PT Pelindo II dan Bank Mandiri, dalam penerapan transaksi Cashless di Pelabuhan Palembang, Kamis (31/8).

“Sebenarnya sebelumnya sudah dilakukan sistem Cashless, hanya saja kini instrumennya diperbaharui dengan mesin EDC (elektronic data capture) mini dari Bank Mandiri," ujar Imam Rachman, Direktur Keuangan PT Pelindo II.

Dengan demikian, ke depan tidak ada lagi transaki kas di pelabuhan yang berada di bawah PT Pelindo II. Kelebihan sistem ini, disebut Imam bisa lebih realtime. Uang yang masuk bisa langsung diketahui, dan itu per transaksi.

"Prosesnya bisa lebih cepat, sehingga bisa langsung masuk kapal. Bagi pengguna jasa tentunya lebih murah, karena tidak ada biaya transfer lagi," ungkapnya.

Selain itu, disebutnya sistem cashless ini juga lebih aman karena tidak membawa uang tunai lagi. Diterapkan bukan hanya di cabang Palembang, tapi juga seluruh cabang yang ada di bawah PT Pelindo II.

General Manager PT Pelindo II cabang Palembang, Agus Hendrianto, mengatakan Cabang Palembang terus melakukan pengembangan. "Seperti lapangan peti kemas yang sudah dilengkapi perlengkapan modern sehingga bisa lebih optimal," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News