Tingkatkan Produksi Pertanian, Kementan Perkuat Peran SDM di Perguruan Tinggi

Sabtu, 05 Juni 2021 – 21:07 WIB
Tingkatkan Produksi Pertanian, Kementan Perkuat Peran SDM di Perguruan Tinggi
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MAKASSAR - Kementerian Pertanian (Kementan) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Makassar (UIM) sebagai tindak lanjut memperluas sinergi perguruan tinggi dalam membangun pertanian yang maju, Sabtu (5/6).

Kerja sama itu diharapkan bisa memperkuat peran generasi muda sebagai SDM dalam peningkatan produksi pertanian melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan saat ini para generasi muda telah masuk di era teknologi digital sehingga perlu beradaptasi dalam memanfaatkan peluang dan memenangkan kompetisi.

Menurutnya, generasi muda didorong mengambil peran khusus dalam bidang pertanian melalui berbagai kegiatan yang produktif.

Hal tersebut disampaikannya dalam Orasi Ilmiah Dies Natalis ke-55 Sekaligus Wisuda Sarjana dan Profesi, Pascasarjana Mahasiswa UIM.

"Pertanian saat ini tidak sama lagi dengan pertanian sebelumnya. Kita masuk pertanian internet of thinking, menggunakan artificial intelegent, satelit sudah main, pertanian itu keren," kata Syahrul.

Merujuk data BPS, sektor pertanian tumbuh positif pada triwulan II 2020 dengan PDB sektor pertanian tumbuh 16,24 persen q to q. Sedangkan, ekspor produk pertanian menunjukkan kinerja yang menggembirakan.

Pasanya, nilai ekspor kumulatif selama Januari- Desember 2020 mencapai 451,8 triliun atau meningkat 15,79 persen dibandingkan periode 2019 sebesar 390,2 triliun.

SPONSORED CONTENT

loading...