Tingkatkan Proses Powering, PLN Manfaatkan PLTMH Lebak Barang

Tingkatkan Proses Powering, PLN Manfaatkan PLTMH Lebak Barang
Gardu pembangkit milik PLN. Foto IST
  JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Lebak Barang untuk menambah rasio proses powering di Pekalongan Jawa Tengah. Caranya dengan memanfaatkan aliran sungai Sengkarang, Pekalongan untuk membangkitkan listrik.   Direktur Bisnis Regional Bagian Tengah Nasri Sebayang menegaskan, bahwa perseroan sangat konsen untuk meningkatkan rasio proses powering dan penggunaan energi baru terbarukan.   "Peresmian PLTMH Lebak Barang berkapasitas 7 Mw ini merupakan perwujudan nyata upaya yang dilakukan PLN, untuk tambah pasokan listrik menggunakan energi yang ramah. Kami senang sekali akhirnya PLTMH Lebak Barang ini bisa berfungsi maksimal," ujar Nasri dalam siaran persnya, Minggu (13/3).   Nasri menambahkan, untuk membangun PLTMH tidaklah mudah karena mengalami banyak kendala, mulai dari kontruksi hingga kajian teknis. Namun kesulitan itu kini sudah terbayar.

jpnn.com - Di mana, PLTMH yang dibangun oleh PT Hidro Rizki Ilahi (HRI) ini mampu menghasilkan listrik sebesar 7 MW, melalui tiga unit mesin dan masuk ke dalam sistem interkoneksi Jawa tengah melalui transmisi 20 kV.

"Meski pembangunannya banyak mengalami kendala, namun kami bersyukur kerja keras semua pihak, terutama PLN kini terbayar. Saya optimis bahwa PLTMH bisa beroperasi sampai 100 tahun, dan berharap PLTMH ini bisa berkembang dengan baik," harap Nasri. (chi/jpnn)

  JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMH) Lebak Barang untuk menambah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News