Tinjau Gerakan Tanam Padi El Nino di Sumsel, Mentan Syahrul Pastikan Stok Beras Nasional Aman

Tinjau Gerakan Tanam Padi El Nino di Sumsel, Mentan Syahrul Pastikan Stok Beras Nasional Aman
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru meninjau tanam padi perdana Gerakan Nasional El Nino di Desa Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Senin (7/8). Foto: Dokunentasi Humas Kementan

jpnn.com, OGAN ILIR -  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memastikan stok beras dalam menghadapi cuaca buruk El Nino dalam kondisi aman.

Kepastian ini disampaikan Mentan Syahrul seusai menerima laporan langsung terkait kesanggupan Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) dalam memenuhi cadangan beras nasional sebanyak 200 ribu ton.

"Sesuai perintah Bapak Presiden, kami akan mempersiapkan beras konkret dan Pak Gubernur (Herman Deru) menyanggupi 200 ribu ton dari Sumatera Selatan untuk Indonesia," ujar Mentan Syahrul saat meninjau tanam padi perdana Gerakan Nasional El Nino di Desa Pelabuhan Dalam, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Senin (7/8).

Mentan SYL menyampaikan Sumsel juga akan mempersiapkan lahan tetap atau lahan eksisting yang masih memiliki air kurang lebih sekitar 150 ribu hektare.

Selanjutnya lahan tersebut diproyeksikan menjadi lumbung pangan bagi Sumsel.

"Lahan itu akan kami sentuh dengan teknologi untuk selanjutnya bisa menjadi lumbung bagi Sumatera Selatan," ujar mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu.

Secara nasional, kata Mentan Syahrul, kondisi pangan Indonesia berdasarkan neraca yang ada berada pada posisi aman.

Sebagai contoh, pada Agustus ini masih memiliki lahan panen sekitar 850 ribu hektare.

Mentan Syahrul Yasin Limpo memastikan stok beras nasional aman hingga beberapa bulan ke depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News