Tiongkok Ingatkan Pesawat Filipina di Zona Terlarang, Aquino: Kami Tidak Gentar Ancaman

Tiongkok Ingatkan Pesawat Filipina di Zona Terlarang, Aquino: Kami Tidak Gentar Ancaman
Tiongkok Ingatkan Pesawat Filipina di Zona Terlarang, Aquino: Kami Tidak Gentar Ancaman

jpnn.com - MANILA - Presiden Filipina Benigno Aquino III mengatakan tidak pernah takut dengan ancaman Tiongkok terkait terbangnya pesawat Filipina di udara Laut China Selatan yang menjadi zona larangan terbang.

Ia menegaskan pesawat Filipina akan terus terbang di kawasan udara Laut China Selatan. Diketahui Laut China Selatan sampai hari ini masih menjadi wilayah sengketa kedua negara. 

Kepada wartawan di Manila, ia menegaskan, tidak ada zona larangan terbang diberlakukan di kawasan tersebut. 

"Kami tetap menggunakan jalur itu berdasarkan hukum internasional. Kami akan menggunakan hak kami di kawasan yang menjadi zona ekonomi eksklusif kami. Lebih penting lagi, kami ingin jelaskan, Filipina akan mempertahankan haknya secara maksimal," kata Aquino.

Dirinya menyadari tidak seimbangnya kekuatan militer kedua negara, namun diingatkannya, Tiongkok tidak sepatutnya memperlakukan sebuah negara kecil secara tidak adil.

Karena itu akan berpengaruh negatif terhadap Beijing ketika mencoba menjalin hubungan baik dengan mitra bisnisnya itu.

Tiongkok sebelumnya mengatakan berhak mengawasi ruang udara dan perairan di kawasan pulau yang dibangunnya di Laut China Selatan setelah Angkatan Laut-nya memberi peringatan kepada sebuah pesawat pengintai Amerika Serikat pekan lalu. (ray/jpnn)


MANILA - Presiden Filipina Benigno Aquino III mengatakan tidak pernah takut dengan ancaman Tiongkok terkait terbangnya pesawat Filipina di udara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News