JPNN.com

Tiongkok Makin Mengancam, Taiwan Impor Rudal dari AS

Senin, 15 Juli 2019 – 15:08 WIB Tiongkok Makin Mengancam, Taiwan Impor Rudal dari AS - JPNN.com

jpnn.com, TAIPEI - Tiongkok baru-baru ini menggelar latihan militer di perairan tenggara, dekat Taiwan. Tindakan tersebut dibalas Taiwan dengan membeli persenjataan canggih dari Amerika Serikat.

The Strait Times, pekan lalu memberitakan, pasukan Tiongkok melakukan latihan militer sesaat sebelum Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berencana melakukan kunjungan kenegaraan ke AS.

“Latihan ini juga sesuai dengan jadwal rutin latihan tahunan,” jelas pihak militer Tiongkok. Tiongkok menganggap Taiwan sebagai provinsi yang membangkang dan bisa diambil secara paksa bila diperlukan.

BACA JUGA: Sambut Imlek, Presiden Taiwan Sindir Tiongkok

Pada Jumat, Tiongkok mengatakan bakal menjatuhkan sanksi pada perusahaan AS yang terlibat perjanjian jual beli senjata dengan Taiwan senilai USD 2,2 miliar. Dari kerja sama tersebut Taiwan memperoleh tank, misil, dan perlengkapan militer lainnya.

Tiongkok menyebut penjualan itu pelanggaran kedaulatan dan keamanan nasional.

Selama beberapa tahun ke belakang Tiongkok telah meningkatkan latihan militer di sekitar Taiwan, termasuk rutinitas penebangan yang disebut pengepungan pulau dan mengirimkan kapal perang di perairan di sekitar Taiwan. (DAY/rmco)

Sumber RMCO.id

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...