Tiongkok Tertarik Bangun Sektor Maritim Nasional

Tiongkok Tertarik Bangun Sektor Maritim Nasional
Tiongkok Tertarik Bangun Sektor Maritim Nasional

jpnn.com - JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengamini kalau pemerintah Tiongkok tertarik ikut bersama-sama membangun sektor maritim nasional. Ini seiring dengan program Presiden Joko Widodo memajukan bidang maritim yang juga sudah disampaikannya kepada Presiden Cina Xi Jinping di sela-sela forum APEC lalu.

Hal ini disampaikan Zulkifli usai menerima delegasi MPR Tiongkok, Selasa (9/12). Menurutnya, saat menjadi Menteri Kehutanan, pembicaraan kerjasama strategis antara Indonesia-Tiongkok juga sudah pernah dibahas secara komprehensif.

"Bukan hanya hubungan pemerintah tapi juga memperkuat hubungan antarparlemen dalam bidang sosial, budaya, politik, dan bidang lain," kata Zulkifli.

Diakuinya bahwa hubungan Indonesia-Tiongkok memang harus terus dibangun dalam segala bidang, tidak terkecuali dalam bidang investasi antara dua negara besar. Nah, terkait isu pembangunan sektor maritim nasional, Zulkifli menyebutkan Tiongkok setuju dengan program tersebut. Apalagi Tiongkok sudah lebih dulu melakukannya.

"Iya (Tiongkok) setuju untuk (membantu) mengembangkan kemaritiman (Indonesia). Mereka juga sama mengembangkan itu. Kemitraan bidang kemaritiman itu. Bentuknya bisa pengembangan ekonomi kelautan, angkutan laut yang disebut tol laut. Enggak mugkin kita sendirian karena itu terbuka luas kerjasamanya," tandas politikus PAN ini.(fat/jpnn)

 


JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengamini kalau pemerintah Tiongkok tertarik ikut bersama-sama membangun sektor maritim nasional. Ini seiring


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News