Tiongkok Tuduh Pesawat Pengintai Australia Beroperasi di Laut China Timur

Tiongkok Tuduh Pesawat Pengintai Australia Beroperasi di Laut China Timur
Australia Plus

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok merilis rekaman video berdurasi 12 detik yang mengklaim pesawat pengintai Australia telah melakukan manuver "berbahaya" dan "tidak profesional" di dekat kapal perang mereka.

Akhir Februari lalu, Angkatan Bersenjata Australia (ADF) menuduh kapal perang Tiongkok mengarahkan tembakan laser ke pesawat RAAF P-8 Poseidon saat memantau dua kapal perang Tiongkok yang berlayar ke timur melalui Laut Arafura.

Pekan ini Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok (MND) membalas tuduhan dengan dengan merilis klip video singkat yang direkam di dek salah satu kapal perang mereka.

Rekaman video ini, katanya, menunjukkan pesawat RAAF Australia terbang dekat ke kapal perang dengan cara yang "mengganggu".

"Terbukti dalam video yang diambil dari kapal Angkatan Laut Tiongkok bahwa pesawat militer Australia sedang melakukan pengintaian jarak dekat terhadap kapal Angkatan Laut Tiongkok," kata juru bicara MND Kolonel Tan Kefei.

"Perilaku pesawat militer Australia itu bermaksud jahat dan tidak profesional dalam operasinya, serta menimbulkan ancaman bagi keselamatan kapal, pesawat, dan personel kedua belah pihak," lanjutnya.

Australia meragukan keaslian video

Seorang pejabat Pemerintah Australia menyatakan keraguan tentang keaslian rekaman 12 detik itu, yang pertama kali dirilis minggu lalu.

"Kami bahkan tidak bisa tahu apakah itu pesawat kami. Sama seperti saat Menlu Rusia Sergei Lavrov mengatakan mereka tidak pernah mengebom rumah sakit Ukraina. Itu lelucon," kata pejabat yang tak ingin disebutkan namanya kepada ABC.

Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok merilis rekaman video berdurasi 12 detik yang mengklaim pesawat pengintai Australia telah melakukan manuver

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News