Tips Mempercepat Pemulihan Pascaoperasi

Tips Mempercepat Pemulihan Pascaoperasi
Ilustrasi. Foto: Dite Surendra/dok.Jawa Pos

jpnn.com - RASA lelah dan hilangnya stamina memang lazim terjadi pascaoperasi. Tentunya ini akan mengganggu pada pola hidup dan kebiasaan yang telah anda rancang dengan begitu matangnya.

Sementara, kesibukan yang padat, pekerjaan dan aktivitas sehari-hari lainnya tidak mungkin bisa ditinggalkan terlalu lama.

Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips mempercepat pemulihan pasca operasi, seperti dilansir laman Health Me Up, Minggu (21/6).

1. Ikuti petunjuk dokter

Hal ini mungkin terdengar konyol, tapi sangat penting bahwa Anda mengikuti setiap petunjuk dokter atau Anda bisa mengembangkan komplikasi seperti pendarahan internal atau infeksi. Bahkan jika Anda merasa lebih sehat, Anda harus ingat bahwa bagian dalam tubuh Anda masih akan memakan waktu untuk sembuh.

2. Jangan lewatkan janji bertemu dengan dokter Anda

Banyak orang melewatkan kunjungan tindak lanjut mereka ke dokter karena mereka pikir hal itu sudah tidak perlu lagi. Tindak lanjut janji memungkinkan dokter untuk mengevaluasi kondisi medis Anda dan memperingatkan Anda tentang hal-hal lain yang mungkin perlu diperhatikan.

3. Makan dan minum secara benar

RASA lelah dan hilangnya stamina memang lazim terjadi pascaoperasi. Tentunya ini akan mengganggu pada pola hidup dan kebiasaan yang telah anda rancang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News