Tips Menghilangkan Rasa Gatal bagi Penderita Eksim

Tips Menghilangkan Rasa Gatal bagi Penderita Eksim
Eksim. ILUSTRASI. Foto: Health

jpnn.com - Anda menemukan kulit Anda berwarna merah, kering dan gatal-gatal? Bisa jadi itu adalah penyakit eksim yang merupakan penyakit akibat kelainan kulit yang mengakibatkan bagian tubuh yang terserang akan terasa gatal.

Eksim terjadi karena peradangan pada lapisan kulit, baik itu di lapisan epidermis maupun dermis.

Penyebab penyakit eksim di kulit salah satunya karena alergi. Eksim merupakan sebuah kondisi kulit yang menyerupai alergi, berupa kemerah-merahan dan bersisik.

Eksim dipicu karena adanya zat asam yang berlebihan pada kelenjar getah bening atau karena proses detoksifikasi pada tubuh melalui ginjal dan lambung melalui pori-pori kulit, sehingga bisa memicu eksim.

Penyakit kulit ini sering dikaitkan juga dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif atau bisa juga karena masalah pencernaan akibat salah makan sehingga kuman atau racun terserap ke dalam aliran darah.

Berikut ini beberapa tips menghilangkan rasa gatal bagi penderita eksim, seperti dilansir laman Health, Minggu (30/7).

1. Go cold

Stimulasi dingin akan mengganggu perasaan gatal pada tubuh dan bisa membantu memutus siklus gatal-gatal. Anda bisa menerapkan es batu di daerah kulit yang gatal.

Anda menemukan kulit Anda berwarna merah, kering dan gatal-gatal? Bisa jadi itu adalah penyakit eksim yang merupakan penyakit akibat kelainan kulit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News