Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak
Ilustrasi anak. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - MENINGKATKAN daya tahan tubuh anak sebenarnya tidak sulit. Anda bisa melakukannya dengan menjaga pencernaan anak.

" Jika fungsi pencernaan tidak bekerja dengan baik, maka penyerapan nutrisi akan turut berkurang, sehingga mengganggu daya tahan tubuh, dan penyakit akan mudah menyerang," kata Head of Medical KALBE Nutritionals dalam siaran resmi, Jumat.

" Sebaliknya, ketika saluran pencernaan dalam keadaan sehat, si kecil bisa menyerap nutrisi makro dan mikro lebih maksimal. Tentu hal ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh yang optimal," jelasnya.

Setiap individu termasuk anak-anak harus memenuhi nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral).

Nutrisi-nutrisi ini diperlukan agar setiap proses biologis yang terjadi dalam tubuh manusia bisa berjalan dengan optimal, seperti proses ekskresi dan sekresi, pembentukan sel- sel baru, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

" Nutrisi harian ini berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan si kecil," kata dokter Muliaman Mansyur.

" Para orangtua sangat dianjurkan memenuhi nutrisi harian yang baik dan seimbang karena sistem pencernaan membentuk 70 persen sel?sel imunitas tubuh dan memengaruhi kualitas kesehatan anak secara menyeluruh," jelas dokter Muliaman.

" Tak heran bila sistem pencernaan kerap disebut ‘otak kedua’ manusia. Di dalamnya, terdapat miliaran bakteri baik yang merangsang sistem kekebalan tubuh," tambah dr. Muliaman Mansyur.

Ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak Anda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News