Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Masa Pandemi
Webinar bertema Menstimulasi Motivasi Belajar Anak di Era New Normal yang diadakan oleh Faber-Castell. Foto: tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Metode pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang banyak dijalankan secara daring cenderung membosankan bagi peserta didik.

Hal itu dikatakan Psikolog dari Yayasan Heart of People, Yohana Theresia, M.Psi dalam kegiatan webinar bertema Menstimulasi Motivasi Belajar Anak di Era New Normal pada Sabtu 10 Juli 2021 yang diadakan oleh Faber-Castell.

“Metode daring tentunya menjadi tantangan sendiri bagi kita semua yang terlibat di pendidikan dan parenting,” kata Yohana Theresia.

Dijelaskan, banyak kasus yang ditemui di lapangan menunjukan adanya indikasi penurunan motivasi dalam belajar anak.

Hal itu tidak lepas dari banyak faktor di antaranya keterbatasan penguasaan gawai di kalangan pengajar, materi pembelajaran yang kurang variatif dan menarik, kurangnya kontrol penggunaan gawai oleh anak, hingga intervensi yang salah dari orang tua.

Jika motivasi belajar turun, lanjutnya, sangat berpengaruh ke banyak aspek lainnya, yakni level pemahaman, kreativitas, produktivitas, dan tentunya hasil pencapaian pembelajaran itu sendiri.

Untuk membantu meningkatkan motivasi belajar anak, orang tua setidaknya dapat menerapkan 8 tips.

Harus diketahui, motivasi itu dapat dibangun dari 2 sumber, yakni intrinsik (internal) dan ekstrinsik (eksternal).

Membantu meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi COVID-19, orang tua setidaknya dapat menerapkan 8 tips.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News