Dokter Juwalita Menjelaskan Kandungan Nutrisi Air Kelapa, Jangan Kaget ya

Dokter Juwalita Menjelaskan Kandungan Nutrisi Air Kelapa, Jangan Kaget ya
Ilustrasi air kelapa. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Banyak kalangan masyarakat awam menganggap air kelapa muda dapat menyembuhkan pasien positif COVID-19.

Dokter spesialis gizi klinis, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan kandungan nutrisi pada air kelapa mungkin saja bisa meningkatkan imunitas, tetapi hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mampu berfungsi sebagai obat, apalagi obat COVID-19.

Lantas, Dokter lulusan program pendidikan dokter spesialis gizi klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menjelaskan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa. Secara macronutrien, maka sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat.

Dijelaskan, kelapa 94 persen terdiri dari air, 5 persen karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa, 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak.

Dari sisi mikronutrien, kandungan yang sangat menonjol pada air kelapa, adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

"Kita tahu B9 itu kita kenal sebagai Folat. Ternyata Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan," kata dr. Juwalita dalam keterangan resminya pada Senin (12/7).

Dokter Juwalita mengatakan vitamin B6 memiliki banyak manfaat bagi sistem imun.

Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B

Memang belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa bisa bermanfaat sebagai obat COVID-19, namun memang luar biasa kandungan nutrisinya.