Jangan Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Setelah Divaksin Covid-19, Fatal Akibatnya

Jangan Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini Setelah Divaksin Covid-19, Fatal Akibatnya
Dokter Spesialis Gizi dr Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK memberikan informasi makanan yang harus dihindari setelah divaksin. Foto: Tangkapan layar YouTube lifestyleOne

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19 mulai dari anak-anak hingga lansia. Tujuannya agar terbentuk kekebalan komunal.

Namun menurut dr Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK, imunitas akan terbentuk bila pascavaksinasi menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

"Ketika kita divaksin tujuannya membentuk sel imun dalam tubuh supaya bisa mengenali virus yang masuk," kata dr Christopher dalam kanal lifestyleOne di YouTube, Jumat (9/7).

Dia menyebutkan, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari setelah vaksinasi. Tujuannya agar sel imun bisa tumbuh. 

Dokter spesialis gizi klinik ini lantas menyebutkan 4 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi, yaitu:

1. Makanan mengandung pengawet

Setelah divaksin disarankan menghindari makanan olahan yang mengandung pengawet seperti kornet, ikan kaleng, mi instan, dan olahan lainnya karena akan menurunkan respons imun.

"Tidak vaksin pun tidak boleh kan mengonsumsinya berlebihan apalagi ketika divaksin yang tujuannya membentuk sel imun dalam tubuh kita," ujar Dokter Christopher.

Dokter Spesialis Gizi dr Christopher Andrian, M.Gizi, SpGK memberikan informasi makanan yang harus dihindari setelah divaksin. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News