Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes

Tips Menurunkan Berat Badan Bagi Penderita Diabetes
Berat Badan. Foto IST

jpnn.com - Kehilangan berat badan bagi penderita diabetes bisa menjadi tugas yang sedikit sulit. Sebuah studi baru-baru ini menemukan mengonsumsi makanan vegetarian berbasis tumbuhan bisa membantu Anda menurunkan berat badan 6 kg dalam waktu enam bulan.

Temuan dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok diet vegetarian kehilangan berat badan hampir dua kali lipat, sebesar 6,20 kg, dibandingkan dengan mereka yang melakukan diet diabetes tradisional, dengan penurunan berat badan rata-rata 3,19 kg, meskipun mereka mengonsumsi energi dalam jumlah yang sama.

Peserta penelitian, 74 orang dewasa dengan diabetes tipe 2, menerapkan diet rendah kalori selama enam bulan.

Setengah dari peserta penelitian ini mengadopsi diet vegetarian dan separuh lainnya menerapkan diet diabetes konvensional.

Kelompok vegetarian mampu mengurangi lemak subfascial, jenis lemak yang melapisi otot dan lemak intramuskular yang tersimpan di otot pada tingkat yang lebih tinggi daripada mereka yang mengikuti diet diabetes konvensional.

Kedua kelompok tersebut sama-sama mampu mengurangi lemak subkutan, jenis lemak yang tersimpan di bawah kulit.

Tim peneliti kemudian menganalisis komposisi paha peserta pada awal penelitian, pada tiga bulan dan enam bulan penelitian dengan menggunakan magnetic resonance imaging.

Hasilnya menunjukkan perubahan pada lemak subkutan dan subfascial berkorelasi terhadap perubahan HbA1c, glukosa plasma dan sensitivitas insulin sel β, penanda metabolisme dan kontrol gula darah.

Kehilangan berat badan bagi penderita diabetes bisa menjadi tugas yang sedikit sulit. Sebuah studi baru-baru ini menemukan mengonsumsi makanan vegetarian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News