Tips Menyingkirkan Bintik-bintik Gelap pada Warna Kulit

Tips Menyingkirkan Bintik-bintik Gelap pada Warna Kulit
Ilustrasi

jpnn.com - BILA Anda sering menghabiskan hari di bawah sinar matahari atau pernah memiliki jerawat, maka ada kemungkinan memiliki bintik-bintik gelap atau tanda merah di wajah.

Bintik-bintik itu biasanya sukit untuk memudar.

Tapi untuk menyingkirkan hiperpigmentasi (istilah untuk bintik-bintik gelap dan perubahan warna), Anda harus tahu apa yang harus dilakukan.

"Pada dasarnya, hiperpigmentasi adalah reaksi kulit yang cedera," kata dermatolog di Yale University, Mona Gohara, MD, seperti dilansir laman MSN, Kamis (22/12).

Sebab, ketika Anda terluka, melanosit (sel di kulit yang bertanggung jawab untuk menciptakan melanin), justru mengakibatkan hiperpigmentasi.

Tentu saja, tidak semua perubahan warna kulit sama pada semua orang. Pada orang dengan warna kulit lebih terang, biasanya cenderung muncul bercak gelap dan bintik-bintik yang disebut hiperpigmentasi.

Sedangkan warna kulit lebih gelap sering menghasilkan bintik-bintik cahaya (disebut hipopigmentasi) dan melasma (patch abu-abu-coklat besar karena perubahan hormon akibat kontrol kelahiran dan kehamilan).

Tentu saja, semua ini bisa memengaruhi warna dan jenis kulit, jadi sebaiknya Anda mencari tahu perubahan jenis warna kulit.

BILA Anda sering menghabiskan hari di bawah sinar matahari atau pernah memiliki jerawat, maka ada kemungkinan memiliki bintik-bintik gelap atau tanda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News