Tips Ngeseks bagi Penderita Nyeri Punggung

Tips Ngeseks bagi Penderita Nyeri Punggung
Tips Ngeseks bagi Penderita Nyeri Punggung

jpnn.com - SAKIT punggung atau nyeri punggung seringkali membuat anda sulit bergerak. Gejala sakit punggung dapat mempengaruhi aktivitas anda, mulai dari pekerjaan sehari-hari hingga  aktivitas seks dengan pasangan.

"Nyeri punggung dapat mengganggu kehidupan seks, yang tentunya akan sangat mempengaruhi hubungan anda dengan pasangan," kata ahli ortopdi dari Medical Center ST Vincent, Los Angeles, Dr. Tae M. Shin, MD, seperti yang dilansir laman Everydayhealth, Selasa (23/7).

Pada awalnya, nyeri punggung mempengaruhi aktivitas secara fisik. Namun, nyeri berkepanjangan juga dapat menyebabkan masalah emosional seperti depresi dan frustrasi.

Dampaknya, anda mungkin mulai menghindari kontak fisik dengan pasangan dan memilih mengisolasi diri.

Walaupun anda menderita nyeri punggung, namun anda jangan menyerah. Ada beberapa cara agar anda tetap bisa menikmati hubungan seks dengan pasangan.

1. Komunikasi
Komunikasi akan mencegah ketegangan dan terjadinya kesalahpahaman akibat nyeri ini.

2. Bersikap santai dan jangan terburu-buru.
Sebelum memulai aktivitas seksual, otot-otot anda harus berada pada kondisi santai/relax. Anda bisa melakukan pijatan lembut atau mandi air hangat.

3. Mencoba berbagai posisi.
Secara umum orang dengan nyeri punggung harus menjadi mitra pasif ketika melakukan aktivitas seksual. Posisi alternatif bagi seorang wanita misalnya, berbaring di perutnya dengan bantal di bawah dadanya atau berbaring di tepi tempat tidur dengan kaki menggantung.

SAKIT punggung atau nyeri punggung seringkali membuat anda sulit bergerak. Gejala sakit punggung dapat mempengaruhi aktivitas anda, mulai dari pekerjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News