JPNN.com

Tips untuk Orang Tua agar Bisa Mengajar Anak PAUD di Rumah

Selasa, 05 Mei 2020 – 05:00 WIB
Tips untuk Orang Tua agar Bisa Mengajar Anak PAUD di Rumah - JPNN.com
Ilustrasi kegiatan bersama anak saat work from home dan belajar di rumah. Foto : Instagram Hafiz Priyotomo

jpnn.com, JAKARTA - Selama masa pandemi corona ini, banyak orang tua mengeluh stres menghadapi anak-anak usia dini yang mulai bosan di rumah.

Anak-anak PAUD yang belajar di rumah semakin sulit diatur seiring dengan kebosanan yang melanda karena tidak diperbolehkan keluar bertemu teman-temannya.

Untuk itu, orang tua perlu kiat-kiat khusus dalam mengajar dan menghadapi anak-anak PAUD di rumah.

Kiat ini salah satunya disampaikan Wiwin Sukaesih, Bunda PAUD Soga Indah Jakarta Selatan dalam diskusi webinar yang digelar Tanoto Foundation bekerja sama dengan Koalisi PAUDHI Nasional dan ChildFund Internasional.

Wiwin mengakui banyak menerima keluhan para orang tua murid PAUD saat kegiatan belajar di rumah.

"Minggu pertama dan kedua belum ada keluhan, nah minggu ketiga dan keempat orang tua mulai mengeluh karena anak mulai bosan di rumah. Keluhan ini disampaikan di grup WA kami," kata Wiwin.

Menurut Wiwin, saat-saat seperti ini, orang tua mau tidak mau memang harus turun tangan mengembalikan mood anak dalam kegiatan belajar di rumah. Dia mengatakan, orang tua bisa ambil bagian dalam mengerjakan tugas anak-anak PAUD.
Sebagai guru, kata Wiwin, dia sengaja memberi tugas pada murid dengan media yang mudah sehingga orang tua tidak harus mencari keluar rumah.

"Kami memberi kegiatan di rumah pada anak tapi dengan media yang ada dan orang tua ikut di dalamnya. Kalau orang tua yang sudah biasa ikut kegiatan parenting, mereka pasti akan lebih santai menangani anak-anak di masa seperti ini karena mereka terbiasa melakukan berbagai hal bersama anak," imbuh Wiwin.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia