Titik Penyelaman di Bangkai Kapal Pulau Ketawai

Titik Penyelaman di Bangkai Kapal Pulau Ketawai
PENANDA: Sekitar 200 meter dari bibir pantai, terdapat dua bongkahan besar bangkai kapal yang bertindihan. Lokasi itu menjadi tujuan favorit menyelam. Foto: Robianto/Babel Pos/JPNN.com

jpnn.com - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kaya akan pulau-pulau kecil yang indah nan eksotis. Salah satunya adalah Pulau Ketawai.

PULAU Ketawai terletak di ujung utara Kabupaten Bateng. Luasnya sekitar 28 hektare dan berjarak sekitar 6 mil laut perjalanan dari Desa Kurau, Kecamatan Koba. Wisata yang ditawarkan sangat beragam. Mulai snorkeling, diving, fishing, hingga wisata pantai.

Namun, pulau itu paling terkenal dengan keasriannya. Ketika kali pertama menjejakkan kaki di pulau tersebut, wisatawan akan disuguhkan dengan kejernihan air laut yang tiada duanya. Ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar dermaga apung di bibir pantai pulau itu pun terlihat jelas.

Pasirnya juga putih dan lembut. Apalagi, saat matahari terbit atau tenggelam, keindahan pantai di Pulau Ketawai itu kian terlihat eksotis.

Para wisatawan pun bisa berkeliling di pulau tersebut dengan menggunakan perahu motor yang memakan waktu sekitar 45 menit. Selain itu, ketika baru berkunjung, para pencinta snorkeling dan diving biasanya selalu ingin berkunjung kembali ke Pulau Ketawai.

Hal itu disebabkan keindahan bawah laut Pulau Ketawai dengan karang-karang yang masih alami. Satu lagi fenomena langka yang tidak akan pernah didapatkan para wisatawan, yakni titik penyelaman di bangkai kapal yang tenggelam.

Di Pulau Ketawai, sekitar 200 meter dari bibir pantai, terdapat dua bongkahan besar bangkai kapal yang bertindihan. Bagian ujung bangkai kapal itu terlihat jelas.

Titik tersebut sering menjadi titik penyelaman favorit bagi wisatawan mancanegara. Namun, para wisatawan perlu berhati-hati dan harus didampingi penyelam profesional. Sebab, belum banyak penyelam yang hafal arena penyelaman.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kaya akan pulau-pulau kecil yang indah nan eksotis. Salah satunya adalah Pulau Ketawai. PULAU Ketawai terletak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News