Tito Ingatkan Kepala Daerah Adanya Ancaman Gejolak Ekonomi yang Lebih Besar

Tito Ingatkan Kepala Daerah Adanya Ancaman Gejolak Ekonomi yang Lebih Besar
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, PADANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pandemi Covid19 mengajarkan kepemimpinan yang baik di tengah keterbatasan.

Khususnya bagi pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan.

Tito mengatakan hal tersebut saat menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Padang, Sumatera Barat, Selasa (9/8).

"Semua kepala daerah mengalaminya. Karena itu saya sangat apresiasi kepala daerah yang telah sukses melewati masa krisis," kata Tito.

Tito kemudian mengajak para kepala daerah untuk memperkuat ekonomi daerah dengan mengaktifkan tim pengendali inflasi daerah (TPID) dan satgas pangan (satgas) daerah masing-masing.

"Tolong, tugaskan pada TPID dan satgas pangan. Monitor setiap hari harga pangan, sebab pangan ini faktor utama inflasi," ujar Tito.

Tito memprediksi beberapa tahun ke depan akan terjadi gejolak ekonomi yang lebih besar yang dikenal dengan istilah deep darkness.

"Ini harus jadi perhatian serius. Jika ada persoalan pangan di daerahnya, itu berarti kepala daerahnya tidak bekerja," kata Tito

Mendagri Tito Karnavian meningatkan para Kepala Daerah adanya ancaman gejolak ekonomi yang lebih besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News