Tito Karnavian Upayakan Tingkatkan Polda dan Polres

Tito Karnavian Upayakan Tingkatkan Polda dan Polres
Tito Karnavian. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian tahun ini mengajukan tiga Polda, yakni Riau, Lampung, dan Kepulauan Riau meningkat statusnya menjadi tipe A.

Pengajuan ini, bahkan tengah dianalisis di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Tito mengatakan, Mabes Polri ingin memperbesar seluruh Polda di seluruh Indonesia menjadi tipe A. Hal ini bertujuan untuk menunjang kinerja polisi.

"Kami ingin memperbesar Polda-Polda. Polda yang sudah naik bintang dua di antaranya Polda Kalbar dan Polda Sulawesi Utara. Sekarang kami ajukan lagi tiga, Polda Lampung, Riau, dan Kepri," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/9).

Tito mengakui, meski tiga Polda tengah diupayakan naik menjadi tipe A, dirinya juga tengah membidik dua Polda lainnya, yakni Sumatera Barat dan Maluku.

"Nanti akan ditambah Sumbar dan Maluku. Karena kerawanan wilayahnya lain-lain. Kalo naik bintang dua, wakilnya bintang satu untuk mengakomodir supaya jangan banyak di Mabes," jelas Tito.

Bukan hanya Polda, Tito mengupayakan agar Polres-Polres di Indonesia juga meningkat tipeloginya.‎

"Polres pun ada yang dinaikkan tipologi, seperti di Bogor, Sidoarjo, yang sekarang AKBP tapi penduduknya banyak di sana. Di Bogor, ada Istana Presiden. Otomatis kami naikan jadi Kombes nantinya. Hampir 500 Polres dan 5.000 Polsek," tandas Tito. (Mg4/jpnn)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian tahun ini mengajukan tiga Polda, yakni Riau, Lampung, dan Kepulauan Riau meningkat statusnya menjadi tipe

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News