Jumat, 18 Januari 2019 – 02:53 WIB

Tjahjo: Gubernur Jatim dan Jambi Bisa Dilantik Bersamaan

Senin, 07 Januari 2019 – 19:07 WIB
Tjahjo: Gubernur Jatim dan Jambi Bisa Dilantik Bersamaan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak bisa dilakukan bersamaan dengan Gubernur Jambi pada Februari 2019.

Khusus Provinsi Jambi, Wakil Gubernur Fachrori Umar yang kini menjabat pelaksana tugas (plt) akan dilantik menjadi gubernur definitif karena status hukum Gubernur Zumi Zola telah berkekuatan hukum tetap. Jadwal pasti pelantikan, menurutnya tinggal menunggu agenda Persiden Joko Widodo.

Sementara Gubernur Jatim Soekarwo akan berakhir pada 12 Februari mendatang. Bila tidak ada perubahan, maka pelantikannya dilakukan sesuai jadwal 13 Februari.

“Misalnya 12 Februari, Jatim selesai. Kami minta tanggal 13 (dilantik). Yang bisa gabung ada Jambi karena sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Jadi wagubnya naik,” ucap Tjahjo di kompleks Istana Negara, Jakarta pada Senin 97/01/2019).

Dengan demikian, tinggal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Maluku Utara dan Lampung terpilih yang menunggu agenda berikutnya.

"Yang Maluku, Maluku Utara bulan Maret. Riau juga Maret, habis Pemilu, Lampung,” kata Tjahjo sembari menambahkan, begitu periodenisasinya berakhir, kepala daerah yang baru langsung dilantik.(fat/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar