Tjahjo Kumolo Tegaskan Polri tidak Perlu di Bawah Kementerian 

Tjahjo Kumolo Tegaskan Polri tidak Perlu di Bawah Kementerian 
Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo buka suara soal adanya usulan menempatkan Polri di bawah kementerian. 

Menteri asal PDI Perjuangan itu menilai bahwa psisi Polri saat ini masih cukup bagus.

Oleh karena itu, Tjahho menegaskan posisi Polri tidak perlu berada di bawah kementerian. 

"Menurut saya nggak perlu," ujar Tjahjo Kumolo kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/1).

Tjahjo mengatakan sampai saat ini dirinya selaku menPAN-RB belum pernah ada pembicaraan untuk menempatkan Polri berada di bawah kementerian. 

Menurut dia, meskipun di sejumlah negara posisi lembaga kepolisiannya berada di bawah kementerian, namun berbeda halnya dengan di Indonesia.

“Walau di negara lain (ada kepolisia di bawah kementerian, red), kan, kita beda. Dulu pernah digabung loh, TNI dan Polri. Walau TNI di bawah Kemhan, kan, anggarannya saja, tetapi tetap yang melantik kepala staf, yang melantik panglima TNI tetap presiden, sama dengan Kapolri sama dengan BIN," ujarnya.

Sementara itu terkait adanya usulan dari Gubernur Lemhannas agar dibentuk Kementerian Keamanan Dalam Negeri, Tjahjo menilai usul tersebut boleh-boleh saja.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo buka suara soal adanya usulan menempatkan Polri di bawah kementerian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News