Tjahjo : Theo Syafei, Pembela Kaum Tertindas

Tjahjo : Theo Syafei, Pembela Kaum Tertindas
Tjahjo : Theo Syafei, Pembela Kaum Tertindas
JAKARTA - Kepergian MayJen TNI Pur Theo Syafei menimbulkan kesedihan mendalam terhadap Tjahjo Kumolo. Sekjen DPP PDIP ini mengaku sangat kehilangan. "Saya kenal beliau sejak berpangkat Kolonel dan saat menjabat Panglima Operasional Timor-Timur. Saat itu saya sebagai ketua umum KNPI dan mulai diskusi terbuka dengan beliau," kata Tjahjo dalam pesan singkatnya pada JPNN, Jumat (29/4).

Di mata ketua Fraksi PDIP DPR RI ini, Theo Syafei merupakan sosok TNI profesional dan lengkap pengalamannya di bidang teritorial, intelejen, dan Sospol. "Beliau selalu kritis dan berpihak kepada yang ditekan dan tertindas," ucapnya.

Lanjut Tjahjo, selama aktif di PDIP sampai pada posisi ketua DPP PDIP selama dua periode, Theo banyak menyumbangkan konsep-konsep dan pemikiran-pemikiran strategisnya kepada partai. "Yang saya tahu beliau merupakan sosok pendiam, tidak banyak bicara, berani, dan terbuka," kenangnya.

Yang masih melekat di ingatan Tjahjo, saat Theo aktif di jajaran pimpinan TNI, almarhum berani mengundang Megawati Soekarnoputri berbicara di forum pendidikan TNI dengan segala risikonya pada saat itu. Theo juga dikenal tidak banyak bicara, seorang bapak, guru, komandan, dan teman yang baik. Ketika ada teman yang salah langkah, Theo selalu paling pertama mengingatkan dengan caranya yang tenang.

JAKARTA - Kepergian MayJen TNI Pur Theo Syafei menimbulkan kesedihan mendalam terhadap Tjahjo Kumolo. Sekjen DPP PDIP ini mengaku sangat kehilangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News