Tjahjo Umumkan Pilkada Tetap Langsung, Ratusan Bupati Tepuk Tangan

Tjahjo Umumkan Pilkada Tetap Langsung, Ratusan Bupati Tepuk Tangan
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Disahkannya Perppu Pilkada oleh DPR disambut positif oleh para bupati. Hal ini terlihat saat rapat koordinasi antara Presiden Joko Widodo dengan 101 bupati wilayah Sumatera di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/1).

Dalam kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa Perppu Pilkada telah disetujui DPR menjadi undang-undang. Dengan begitu, pemilihan kepala daerah dipastikan tetap menggunakan mekanisme pemilihan langsung.

"Hasil daripada rapat kerja Kemendagri dengan Komisi II ‎telah setujui Perppu, sehingga Pilkada tetap langsung," kata Tjahjo.

Pengumuman ini disambut tepuk tangan meriah oleh para bupati yang hadir. Reaksi ini wajar mengingat Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKSI) merupakan salah satu yang mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung.

Tjahjo juga sempat menyampaikan tentang 106 Perda bermasalah yang dikembalikan pihaknya. Kader PDI Perjuangan itu meminta agar para kepala daerah segera melakukan perbaikan.

"Mohon diklarifikasi dan diperbaiki," ucapnya.(dil/jpnn)


JAKARTA - Disahkannya Perppu Pilkada oleh DPR disambut positif oleh para bupati. Hal ini terlihat saat rapat koordinasi antara Presiden Joko Widodo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News