TKB Gunakan Sistem Komputer Cegah Hasil Seleksi CPNS Dimanipulasi

TKB Gunakan Sistem Komputer Cegah Hasil Seleksi CPNS Dimanipulasi
TKB Gunakan Sistem Komputer Cegah Hasil Seleksi CPNS Dimanipulasi. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Banyaknya kasus manipulasi hasil seleksi CPNS 2013/2014 lantaran hasil tes kompotensi bidang (TKB) di-markup oleh panitia seleksi daerah, mendorong Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengubah mekanisme seleksi. Salah satunya membuat pelaksanaan TKB menggunakan sistem komputer.

"Sistem Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan computer assisted test (CAT) banyak diapresiasi dan diakui berbagai pihak karena sangat transparan. Namun, dalam tahap selanjutnya yakni TKB dirasa masih belum memuaskan banyak pihak, bahkan cenderung dipandang adanya celah untuk dapat 'diatur'. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya laporan pada tes CPNS tahun 2014 terhadap kejanggalan hasil tes TKB," beber Sekretaris KemenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji, Minggu (23/8).

Dikatakannya, pemerintah saat ini tengah melakukan rapat koordinasi penyusunan naskah soal TKB. Salah satu misi utama adalah menyempurnakan sistem rekrutmen CPNS 2014.

“Saya berharap bila dimungkinkan TKB ini bisa menggunakan aplikasi yang sama transparan dan objektifnya dengan TKD,” ujarnya.

Dwi Atmaji menambahkan, bahwa kementerian/lembaga/Pemda perlu menyamakan persepsi dan pemahaman untukmelaksanakan seluruh rangkaian tahapan rekrutmen ASN untuk dilakukan secara transparan, objektif dan adil sebagaimana diamanatkan dalam UU ASN.

Salah satu ujung tombak reformasi birokrasi di bidang SDM yang paling efektif adalah reformasi sistem rekruitmen pegawai.

“Pembahasan ini penting untuk menyempurnakan sistem yang akan digunakan dalam kebijakan rekrutmen calon ASN tahun 2015/2016,” katanya.‎

Lanjut mantan pejabat di Bappenas ini, perbaikan dan pengembangan sistem rekruitmen pada setiap tahapannya harus menjadi perhatian bersama. Untuk pelaksanaan rekrutmen tahun depan bisa dipersiapkan dari sekarang agar hasilnya sesuai harapan.(esy/jpnn)

JAKARTA - Banyaknya kasus manipulasi hasil seleksi CPNS 2013/2014 lantaran hasil tes kompotensi bidang (TKB) di-markup oleh panitia seleksi daerah,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News