TKI Dapat Kucuran KUR

Sidoarjo-Malang Jadi Percontohan

TKI Dapat Kucuran KUR
TKI Dapat Kucuran KUR
JAKARTA - Kabar gembira bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI). Kini pemerintah memfinalisasi rencana pemberian kredit usaha rakyat (KUR) untuk para calon pahlawan devisa yang tiap tahun menyumbang hingga miliaran dolar AS tersebut.

     

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemberian KUR merupakan salah satu strategi pemerintah meringankan beban para calon TKI yang selama ini harus berutang dengan bunga tinggi untuk membiayai keberangkatan. "KUR ini nanti bisa digunakan untuk pembiayaan paspor, pelatihan, maupun persiapan lain," ujarnya di Kantor Kementerian Perekonomian akhir pekan lalu.

     

Selama ini, lanjut dia, pembiayaan memang menjadi salah satu kendala yang dihadapi calon TKI. Selain pinjaman dengan bunga tinggi, TKI harus menanggung pembayaran dengan merelakan tidak menerima gaji selama berbulan-bulan di awal masa kerja. "Bahkan, saya dengar ada yang tidak menerima gaji sampai satu tahun. Ini pula yang ditengarai menjadi penyebab turunnya performance TKI kita," katanya.

     

Hatta mengatakan, KUR untuk TKI akan membawa banyak manfaat. Selain menyelesaikan masalah pembiayaan, penyaluran KUR oleh perbankan juga membuat struktur pembiayaan TKI lebih transparan. "Sebab, bank akan menilai rincian biayanya apa saja dam apakah kebutuhan biaya yang diajukan memang wajar atau tidak," terangnya.

     

JAKARTA - Kabar gembira bagi calon tenaga kerja Indonesia (TKI). Kini pemerintah memfinalisasi rencana pemberian kredit usaha rakyat (KUR) untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News