TKI Overstayer Ditawari Pelatihan Kewirausahaan

TKI Overstayer Ditawari Pelatihan Kewirausahaan
TKI Overstayer Ditawari Pelatihan Kewirausahaan
JAKARTA — Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menyediakan program pelatihan kewirausahaan bagi para tenaga kerja Indonesia  (TKI) overstayers yang telah dipulangkan ke Indonesia. Pelatihan kewirausahaan, akan disesuaikan dengan minat, potensi masyarakat serta sumber daya alam yang tersedia di sekitar daerah kantong TKI.

Sekretaris Jenderal Kemenakertrans, Muchtar Luthfie mengatakan, pelatihan program kewirausahaan tersebut hingga saat ini telah dilakukan di 38 kantong TKI yang tersebar di seluruh Indonesia. “Dengan mengikuti program  pelatihan wirausaha, para TKI diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan baru  dan tidak kembali bekerja di luar negeri,” ungkap Muchtar usai memantai pemulangan TKI Overstayers di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (1/11).

Muchtar menyebutkan, jenis-jenis pelatihan wirausaha yang dilakukan meliputi budidaya ayam, sapi, kambing, usaha konveksi, menjahit dan border. Selain itu, ada juga pelatihan  tata rias pengantin. tata boga, bengkel motor, sablon, percetakan, pengelasan, konstruksi skala kecil, dan pelatihan lainnya.

“Kita upayakan agar TKI yang baru pulang secepatnya dapat memperoleh pekerjaan baru untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Pemerintah telah menyiapkan pelatihan wirausaha dan bantuan modal usaha dari program PNPM mandiri dari KUR,” kata Muchtar.

JAKARTA — Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menyediakan program pelatihan kewirausahaan bagi para tenaga kerja Indonesia 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News