TKN Jokowi Apresiasi Sikap Dewasa Demokrat

TKN Jokowi Apresiasi Sikap Dewasa Demokrat
Abdul Kadir Karding. FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi - Ma'ruf) mengapresiasi sikap dewasa Partai Demokrat dan Ketua Umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam merespons hasil pemilu 2019. Wakil Ketua TKN Abdul Kadir Karding mengatakan, sikap pihak tersebut sangat menghargai proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Karding menilai, antara SBY dan Jokowi maupun seluruh elemen di TKN sama-sama percaya dengan proses demokrasi yang berlangsung. Menurutnya, sikap SBY yang jernih dalam memandang segala tahapan pemilu menunjukkan karakter seorang negarawan.

"Meski dalam politik selalu ada dinamika dan perbedaan, namun pada intinya semangat TKN dan Partai Demokrat selalu sama yakni menjunjung dan menghormati proses demokrasi. Kami memberi apresiasi atas sikap dewasa Partai Demokrat dalam berpolitik," kata Karding dalam keterangan yang diterima, Kamis (2/5).

Menurut Karding, sejak awal SBY telah menunjukkan komitmen dan semangat yang sama dengan TKN. Meski bersaing, Karding menilai Demokrat mampu menjaga nilai-nilai universal dalam berbangsa. Ini seperti mengedepankan semangat inklusif dan tidak berpikir sempit.

"Baju kami dengan Demokrat berbeda sepanjang pilpres. Tapi hati kami sama yang ingin Indonesia dibangun dengan semangat yang tidak sempit dan tak eksklusif. Dengan semangat yang sama itu kami optimistis bahwa kesatuan TKN dan Demokrat ini bisa berkembang ke arah yang lebih jauh," kata Karding.

Selain itu, Karding juga memberi apresiasi pada Partai Amanat Nasional (PAN) yang peoaktif dalam menciptakan suasana demokrasi yang sejuk. Ini terlihat dengan sikap Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang datang ke Jokowi untuk membangun komunikasi.

"Kami pun mengapresiasi gestur politik yang dibangun PAN yang memperlihatkan iktikad untuk menjaga persatuan dan menghormati proses demokrasi. Pak Zulkifli memperlihatkan narasi yang positif dan bukan memprovokasi rakyat dengan narasi negatif," kata Karding.

Di sisi lain, Karding pun memuji Jokowi yang dinilainya mampu merangkul seluruh pihak. "Ini menunjukkan Jokowi pemimpin yang mudah komunikasi dengan semua pimpinan partai. Jokowi menunjukkan bahwa kepentingan bangsa di atas segalanya," ujar Karding

TKN Jokowi - Ma'ruf mengapresiasi sikap dewasa Partai Demokrat dan Ketua Umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam merespons hasil pemilu 2019

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News