TKW Asal Cianjur Ditahan Majikannya di Arab Saudi

TKW Asal Cianjur Ditahan Majikannya di Arab Saudi
Ilustrasi TKW. Foto: Istimewa

jpnn.com, CIANJUR - Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Cianjur, Jawa Barat, berharap agar dirinya bisa secepatnya dipulangkan kembali.

Eneng Mirawati, warga Kampung Pasir Bayur, RT2/5, Desa Cibinonghilir, Kecamatan Cilaku, Cianjur, mengaku selama ini ditahan oleh majikannya di Arab Saudi.

Ketua DPD Gabungan Aliansi Rakyat Daerah untuk Buruh Migran Indonesia (Garda BMI) Kabupaten Cianjur Elan Sopandi mengatakan, informasi terkait Eneng Mirawati didapatkannya dari sesama aktivis buruh migran di Arab Saudi.

Dalam informasi itu, disebutkan masa kontrak Eneng Mirawati sebagai TKW sejatinya sudah berakhir. Akan tetapi, sang majikan sengaja menahannya dengan berbagai alasan.

BACA JUGA: Kisah Pilu TKW Asal Tangerang, Dihamili dan Jadi Korban Pemerasan

Dari informasi tersebut, Eneng diberangkatkan melalui PT Marsafal Intisari Amarba pada tahun 2011, dan bekerja di salah satu keluarga Ahmed Hodaijan al Harbi di daerah perbatasan antara Arab Saudi-Kuwait.

“Menurut TKW tersebut, sebelumnya telah melakukan pengaduan terhadap KBRI di Arab Saudi pada tahun 2016. Tapi pengaduannya sampai sekarang belum ada tindak lanjut,” katanya.

Setelah mendapatkan pengaduan yang bersangkutan, Elan mencoba menghubungi perwakilan Garda BMI di Arab Saudi untuk mencari kebenaran informasi tersebut. Akhirnya, perwakilan aktivis di sana bisa berkomunikasi dengan Eneng.

Masa kontrak Eneng Mirawati sebagai TKW sejatinya sudah berakhir. Akan tetapi, sang majikan sengaja menahannya dengan berbagai alasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News