TNI AL Amankan Ribuan Amunisi dari Kapal yang Tenggelam Saat Perang Dunia II

TNI AL Amankan Ribuan Amunisi dari Kapal yang Tenggelam Saat Perang Dunia II
Dua nelayan tradisional yaitu Mukmin (35) dan Surono (45) menemukan ribuan amunisi yang diduga berasal dari kapal perang yang tenggelam pada Perang Dunia II (PD II). Nelayan itu menemukan amunisi saat itu tengah beraktivitas mencari ikan di perairan Cilacap. Foto: Dispenal

jpnn.com, CILACAP - TNI AL berhasil mengamankan ribuan amunisi berlokasi di alur perairan Dermaga PT. SBI Desa Bonsayur, Cilacap, Sabtu (15/7).

Amunisi tersebut diduga berasal dari kapal perang yang tenggelam pada Perang Dunia II (PD II).

Ribuan amunisi tersebut ditemukan oleh dua nelayan tradisional yaitu Mukmin (35) dan Surono (45) yang pada saat itu tengah beraktivitas mencari ikan di perairan Cilacap.

Seusai menemukan amunisi tersebut, para nelayan berinisiatif segera melaporkan penemuan ini kepada Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap pada Sabtu (5/7) malam.

Barang bukti yang ditemukan berupa lempengan besi, peluru tajam kaliber 12,7 mm dan kaliber 7,62 mm.

Peluru-peluru ini ditemukan dalam kondisi serbuk amunisi sudah terbuang dan kondisi selongsong dengan proyektil telah terpisah.

Menindaklanjuti hal tersebut, unsur Lanal Cilacap telah melaksanakan peninjauan lokasi daerah penemuan amunisi di bawah laut yang diduga berasal dari kapal perang pada era PD II yang tenggelam di perairan alur pelayaran Cilacap.

Kondisi kapal sudah tidak utuh dan dinding kapal sebagian hilang serta geladak kondisinya sudah hancur. Amunisi yang ditemukan tidak jauh dari posisi tenggelamnya kapal tersebut.

TNI AL berhasil mengamankan ribuan amunisi peninggalan Perang Dunia II berlokasi di alur perairan Dermaga PT. SBI Desa Bonsayur, Cilacap, Sabtu (15/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News