TNI AL dan TLDB Tingkatkan Kerja Sama Militer

TNI AL dan TLDB Tingkatkan Kerja Sama Militer
Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan saat TNI AL dan Tentara Laut Diraja Brunei (TLDB) membahas Latihan Bersama dalam Naval Working Group ke-6 bertempat di Ruang Lotus, Hotel Shangri-la, Jakarta, Senin (12/4). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang militer, TNI AL dan Tentara Laut Diraja Brunei (TLDB) membahas Latihan Bersama dalam Naval Working Group ke-6 bertempat di Ruang Lotus, Hotel Shangri-la, Jakarta, Senin (12/4).

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin Head of Delegation (HoD) Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan didampingi Perwira Staf. Sedangkan pihak TLDB selaku HoD CDR Sonny Iskandar, Chief of Staff beserta staf.

Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan saat membuka NWG kali ini menyampaikan hubungan antara TNI AL dan Tentara Diraja Laut Brunei telah terjalin selama beberapa decade.

Menurut Bambang, kebersamaan tersebut terjalin dalam berbagai latihan bersama, program pendidikan dan pelatihan, port visit serta kunjungan kehormatan Perwira Tinggi angkatan laut kedua negara.

“Saya percaya acara ini akan memperdalam kemitraan kami dan juga memberi peluang yang sangat baik untuk memperkuat kerja sama bilateral. Situasi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terjadi membuat kita untuk menjadwal ulang beberapa rencana kegiatan kedepan antara TNI AL dan TLDB,” kata Bambang.

Naval Working Group ke-6 ini membahas agenda kegiatan di tahun 2021 yakni, Review action items hasil pertemuan Naval Working Group ke-5 serta update dan info kegiatan ASEAN Navy Chiefs Meeting (ANCM) ke 15 yang akan digelar secara VTC pada tanggal 11 Agustus 2021 mendatang dengan host Brunei Navy.

Sementara itu pada bidang Latihan, kedua Angkatan Laut negara ASEAN tersebut membahas tentang review latihan Helang Laut 20B/20 yang dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

Selain itu, membahas proposal latihan Helang Laut 20 B/22 lebih detail pada level staf. Kemudian International Maritime Security Symposium (IMSS) 2021 dan Mutilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-4 tahun 2022 serta dalam Bidang Kursus dan Pendidikan.

Dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang militer, TNI AL dan Tentara Laut Diraja Brunei (TLDB) membahas Latihan Bersama dalam Naval Working Group ke-6.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News