TNI AL Dorong Pemberdayaan Sektor Maritim Demi Wujudkan Indonesia Hebat

TNI AL Dorong Pemberdayaan Sektor Maritim Demi Wujudkan Indonesia Hebat
Para pembicara saat Dialog Kemaritiman yang digelar TNI Angkatan Laut dalam rangka memaknai Hari Dharma Samudera yang jatuh tanggal 15 Januari di KRI Dewaruci yang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (14/1). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia merupakan negara yang memiliki laut yang luas sehingga sektor maritim memiliki peran strategis. Pemberdayaan sektor maritim ini akan mendorong dalam upaya mewujudkan Indonesia hebat.

Pembangunan sektor maritim hanya bisa maju jika seluruh komponen bangsa bersama-sama dan bekerja demi kemajuan bangsa.

Demikan kesimpulan Dialog Kemaritiman yang digelar TNI Angkatan Laut dalam rangka memaknai Hari Dharma Samudera yang jatuh tanggal 15 Januari di KRI Dewaruci yang bersandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis, (14/1).

Dialog Kemaritiman ini diikuti para tokoh publik Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia.

Dialog kemaritiman mengangkat tema, “Maritim Jaya Indonesia Hebat,” tersebut, menghadirkan pembicara antara lain, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Budi Arie Setiadi yang menyampaikan materi peran Kementerian Desa PDTT dalam kesejahteraan desa pesisir.

Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI diwakili Asdep Pengelolaan Perubahan Iklim dan Kebencanaan pada Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kus Prisetiahadi dengan materi kebijakan Pemerintah dan keterlibatan daerah dalam pembangungan infrastruktur dan pemanfaatan sumber daya laut untuk mendukung maritim jaya Indonesia hebat.

Narasumber lainnya yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diwakili Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah Danny Januar Ismawan menyampaikan materi kebijakan pemerintah dalam penyiapan sarana teknologi informasi di desa-desa pesisir dan wilayah perbatasan.

Selanjutnya Kementerian Kesehatan RI diwakili Kasubdit Puskesmas dr. Monika Saraswati Sitepu dengan materi Peran Kemenkes dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di desa pesisir dan wilayah perbatasan, sementara Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika dengan materi Peran TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah pada sektor kemaritiman.

Pembangunan sektor maritim hanya bisa maju jika seluruh komponen bangsa bersama-sama dan bekerja demi kemajuan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News