TNI AL Harus Optimalkan Program Kampung Bahari Nusantara

TNI AL Harus Optimalkan Program Kampung Bahari Nusantara
Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat memberikan pembekalan kepada seluruh Komandan Satuan Kerja TNI AL se-Indonesia tentang penyelenggaraan KBN TNI AL secara tatap muka dan virtual di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Senin (5/4). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Seluruh Satuan Kerja (Satker) TNI Angkatan Laut harus mengoptimalkan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) dengan menjalin sinergisitas bersama pemerintah daerah dan instansi terkait.

Demikian salah satu penekanan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono saat memberikan pembekalan kepada seluruh Komandan Satuan Kerja TNI AL se-Indonesia tentang penyelenggaraan KBN TNI AL secara tatap muka dan virtual di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Senin (5/4).

Menurut Wakasal, dalam mewujudkan program KBN di wilayah, setiap Satuan Komando Wilayah (Satkowil) harus fokus pada desa binaan TNI AL yang telah berjalan dengan cara menggandeng Pemda setempat sehingga akan terselenggara dengan baik dan dengan hasil yang lebih optimal.

Selain Pemda, TNI AL harus bisa menggandeng mitra perusahaan dengan memanfaatkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki.

Wakasal menjelaskan perwujudan KBN ditentukan dengan adanya kesungguhan, semangat, keterampilan, tanggung jawab dan kerja sama yang baik antara aparat potensi maritim di satkowil/satnonkowil TNI AL dengan Pemda, instansi lain serta segenap komponen masyarakat.

Setiap bentuk kegiatan harus bisa disinergikan  seperti penyelenggaraan kegiatan karya bakti di wilayah-wilayah juga dapat diarahkan untuk mendukung  program KBN.

Babinpotmar TNI AL memiliki peran strategis  dalam menentukan keberhasilan KBN ke depan.

“Keberadaan Babinpotmar TNI AL menjadi ujung tombak pembinaan KBN yang berkelanjutan di wilayahnya,” ujar Wakasal.

Seluruh Satuan Kerja (Satker) TNI Angkatan Laut harus mengoptimalkan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) dengan menjalin sinergisitas bersama pemerintah daerah dan instansi terkait.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News