TNI AL Lakukan Ini untuk Tingkatkan SDM Bidang Keuangan, Keren

TNI AL Lakukan Ini untuk Tingkatkan SDM Bidang Keuangan, Keren
Kadiskual Laksma TNI Poedji Santoso saat upacara pembukaan Kursus Laporan Keuangan Terpadu TNI AL tahun 2021 di Ruang Rapat Diskual, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/11). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang keuangan di lingkungan TNI AL, Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) menggelar Kursus Laporan Keuangan Terpadu TNI AL tahun 2021.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kadiskual Laksma TNI Poedji Santoso di Ruang Rapat Diskual, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (16/11).

Acara  ini sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam program prioritas. Yakni membentuk SDM TNI AL yang unggul dan profesional.

Hal ini bertujuan agar seluruh peserta dapat mempertajam fungsi manajerial dalam memahami kerangka konseptual penyusunan laporan keuangan mulai dari tingkat satker, tingkat wilayah dan tingkat Eselon-1 UO TNI AL serta memahami penyebab dan solusi terhadap permasalahan yang sering terjadi dalam proses penyusunan laporan keuangan.

Acara yang akan berlangsung selama 3 pekan ke depan diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari 7 orang berasal dari wilayah Jakarta dan 13 orang berasal dari wilayah luar Jakarta.

Selanjutnya, kursus ini akan dilaksanakan dengan dua metode pembelajaran yaitu untuk wilayah Jakarta dilakukan pembelajaran tatap muka di kelas Diskual dan untuk wilayah luar Jakarta dengan metode video conference (vidcon) di Satuan Kerja (Satker) masing-masing. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

Kadiskual mengatakan Penyusunan Laporan Keuangan dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Pada tahun anggaran 2021 ini adalah tahun terakhir penyusunan laporan keuangan menggunakan Aplikasi.

“Mulai tahun 2022 seluruh Unit Organisasi di bawah Kementerian Pertahanan dan TNI sudah menggunakan Aplikasi SAKTI. Aplikasi SAKTI ini bersifat membantu untuk mempermudah dalam proses penyusunan Laporan Keuangan,” ungkap Laksma Podjie.

Untuk meningkatkan kualitas SDM bidang keuangan di lingkungan TNI AL, Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) melakukan kegiatan ini, keren banget.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News