TNI AL Mengawal Pengiriman Bantuan Obat-obatan Covid-19 dari Singapura

TNI AL Mengawal Pengiriman Bantuan Obat-obatan Covid-19 dari Singapura
Suasana upacara penyambutan Kapal Perang Angkatan Laut Singapura RSS Endeavour-210 yang membawa bantuan medis dan obat-obatan untuk menanggulangi pandemi Covid-19 di Dermaga 203 JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (14/7). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Cucut-866 dan 2 Sea Rider Satuan Patroli (Satrol) TNI AL melaksanakan pengawalan di sepanjang perairan Pulau Damar hingga pintu masuk alur pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta terhadap Kapal Perang Angkatan Laut Singapura RSS Endeavour-210.

Pasalnya, Kapal Perang AL Singapura itu membawa bantuan medis dan obat-obatan dari pemerintah Singapura untuk mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 yang mengalami lonjakan kasus sangat tinggi beberapa hari terakhir.

Bantuan obat-obatan ini tiba di Dermaga 203 JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (14/7) pagi yang diserahkan secara simbolis oleh Pemerintah Singapura diwakili oleh Dubes Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar kepada Penasihat Khusus Kemenkomarves, Laksamana TNI (Purn) Prof Dr. Marsetio dan Ibu Jona Widhagdo.

Acara tersebut disaksikan oleh Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, Atase Pertahanan Angkatan Laut (Athal) Singapura SLCT Tony Wong, Direktur Asia Tenggara Kemlu Mirza Nurhidayat, Kepala Badan Logistik Kemlu Sigit S. Widiyanto, Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan Marsma TNI dr. Budi Satriyo Utomo, Wakapuskes TNI Marsma TNI dr. Didik Kestito, Danlantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, dan Kasubdit Matfaskes Ditkes Ditjen Kuathan Kemhan Kolonel Kes Tri Indryanto.

Bantuan berupa 2 kontainer Filled 250 X 50L Oxigen Cylinders diperuntukkan bagi Kementerian Pertahanan (Mabes TNI) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), 2 kontainer ISO Tank, 57 Pallets Oxigen Concentrator dan 1 Pallet Oxigen Concentrator Accessories juga untuk Kementerian Luar Negeri.

RSS Endeavour-210 yang merupakan kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) sebelumnya telah beberapa kali bekerja sama dengan TNI AL dalam melaksanakan berbagai misi kemanusiaan seperti Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya (SBJ).

Usai pelaksanaan penyerahan dan kegiatan bongkar muatan bantuan RSS Endeavour-210, kembali bertolak ke negara asalnya pada sore hari yang dipandu oleh KRI Cucut-866 sebagai guide keluar alur.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Kapal Perang Angkatan Laut Singapura RSS Endeavour-210 membawa bantuan medis dan obat-obatan dari pemerintah Singapura untuk mempercepat penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News