TNI AL Mengupas Kehebatan Ratu Kalinyamat Sebagai Pejuang Maritim Nusantara

TNI AL Mengupas Kehebatan Ratu Kalinyamat Sebagai Pejuang Maritim Nusantara
KSAL Laksamana TNI Yudo bersama Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan sejumlah pembicara saat Talkshow bertema “Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara” di atas Geladak KRI Dewaruci yang sedang sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (11/8). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar talkshow dengan tema “Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara”.

Talkshow tersebut berlangsung di atas Geladak KRI Dewaruci yang sedang sandar di Dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (11/8) dengan menghadirkan Keynote Speaker Presiden ke-5 RI Prof. Dr. Hj. Megawati Soekarnoputri.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan kegiatan Talkshow ini bertujuan untuk mengulas perjuangan tokoh besar maritim nusantara yang juga memiliki visi kemaritiman yang sangat kuat, yaitu Ratu Kalinyamat.

Menurut Yudo, keberaniannya menentang penjajah, Portugis menyebutnya sebagai Ratu Jepara, seorang wanita yang kaya dan berkuasa serta seorang perempuan pemberani.

Bagi bangsa Indonesia, kata Laksamana Yudo, negara dengan tiga per empat wilayah berupa perairan, tokoh dengan visi kemaritiman yang kuat serta kesadaran akan pentingnya pertahanan matra laut yang tangguh, seperti Bung Karno, ibu Megawati, Presiden Joko Widodo, dan Ratu Kalinyamat sangatlah penting.

“Berada di KRI Dewaruci juga mengingatkan semua pihak akan tradisi pelayaran keliling dunia bangsa Indonesia sebagai bangsa pelaut, yang setelah kemerdekaan digelorakan kembali oleh Presiden pertama RI Bung Karno. Pada tahun 1964 beliau memerintahkan pelayaran keliling dunia dengan sandi operasi Sang Saka Melanglang Jagad, menggunakan KRI Dewaruci ini,” ujar KSAL.

Melalui kegiatan ini, KSAL berharap para generasi penerus bangsa dapat meneladani semangat kepahlawanan Ratu Kalinyamat, sekaligus mendukung usaha bersama untuk memperjuangkan Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) melalui keterangan tertulis, menyebukan Ratu Kalinyamat merupakan salah satu putri dari Raja Demak Trenggana (1521-1546).

TNI AL menggelar talkshow bertema Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara di atas Geladak KRI Dewaruci yang sedang sandar di Dermaga Kolinlmil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News