TNI AL Menyiagakan KRI dr Soeharso di Dermaga Madura

TNI AL Menyiagakan KRI dr Soeharso di Dermaga Madura
Seorang prajurit TNI AL memeriksa tabung oksigen yang disiagkan untuk pasien COVID-19 di KRI dr Soeharso di Dermaga Madura Markas Koarmada II di Surabaya, Kamis (22/7/2021). (ANTARA/Umarul Faruq)

jpnn.com, SURABAYA - TNI AL menyiagakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso-990 di Dermaga Madura, Markas Komando Armada II Surabaya, Jawa Timur.

KRI itu disiagakan untuk memasok kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 dengan gejala sesak napas.

"Kami juga siap melayani isi ulang tabung oksigen bagi masyarakat yang anggota keluarganya sedang menjalani isolasi mandiri dengan gejala sesak napas akibat terpapar Covid-19," kata Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Madura, Markas Koarmada II di Surabaya, Kamis (22/7).

Laksamana TNI Yudo Margono juga memastikan kapal bantu rumah sakit KRI dr Soeharso memiliki generator yang mampu memproduksi oksigen sehingga dapat dibagikan kepada seluruh RS rujukan Covid-19, khususnya di wilayah Jawa Timur.

Menurut Yudo, nantinya akan dibuka pelayanan isi ulang tabung oksigen gratis di pinggir jalan raya depan Markas Koarmada II Surabaya.

"Tempatnya nanti akan diumumkan, biar masyarakat yang membutuhkan bisa langsung ke sana," ujarnya.

Dia pun memastikan bahwa pihaknya membuka pelayanan selama 24 jam.

"Kami buka 24 jam sehingga sewaktu-waktu bisa langsung tukar tabung kosong ukuran 1.500 maupun 6.000 liter dengan yang sudah terisi oksigen," katanya.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan kapal bantu rumah sakit KRI dr Soeharso-990 memiliki generator yang mampu memproduksi oksigen sehingga dapat dibagikan kepada seluruh RS rujukan Covid-19, khususnya di Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News