Russian Navy dan Angkatan Laut ASEAN Kompak Lakukan Ini, Top Banget

Russian Navy dan Angkatan Laut ASEAN Kompak Lakukan Ini, Top Banget
Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah membuka Latma ARNEX-21 di Aula Gedung Yos Sudarso, Mako Lantamal I Belawan, Rabu (1/12). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Angkatan Laut yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) termasuk TNI AL melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Asean Rusia Naval Exercise tahun 2021 (ARNEX-21). 

Latihan tersebut dimulai sejak 28 November sampai 4 Desember  2021, melalui latihan tahap Harbour Phase dan Sea Phase. Rencana tahap Sea phase akan dilaksanakan di Perairan Belawan hingga ke Sabang.

Latma ARNEX-21 merupakan yang pertama kali digelar dengan mengambil tema “Joint Actions to Ensure the Safety of Maritime Economic Activity and Civil Navigations”. Kegiatan ini dibuka secara langsung Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah di Aula Gedung Yos Sudarso, Mako Lantamal I Belawan, Rabu (1/12). 

Tampak hadir dalam palam pembukaan Latma ARNEX-21 tersebut, antara lain Duta Besar Rusia untuk Asean, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Atase Laut negara-negara di Asean, Dirkersin Kemhan, dan Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono.

Latma ARNEX-21 merupakan Latihan Multilateral antara TNI Angkatan Laut, Angkatan Laut dari sejumlah negara di Asean (Asean Navy), dan Angkatan Laut Rusia (Russian Navy).

Latma ARNEX 2021 bertujuan untuk memelihara hubungan persahabatan antara Pemerintah Indonesia, Asean dan Rusia. Selain Itu, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit angkatan laut (Navy) masing-masing negara peserta latihan.

Latihan yang diikuti 10 negara ini melibatkan kapal perang dan pesawat udara seperti KRI I Gusti Ngurah Rai-332, 1 pesawat udara CN-235 dan 1 Helikopter Panther, Rusia dengan RFS Admiral Penteleyev jenis Destroyer dan 1 Helikopter KAMOV, Singapura dengan RSS Vigour, Malaysia dengan KD Lekiu serta 1 Helikopter Superking, Thailand dengan HTMS Kraburi  jenis Fregat, Myanmar dengan UMS Kyan Sit That jenis Fregat, Vietnam dengan LY Thai To dan Brunei dengan KDB Daruttaqwa  dari jenis Korvet.

Secara garis besar, Latma ARNEX-21 difokuskan pada kerja sama pengamanan maritim, kerja sama taktis antara unsur kapal permukaan dan pesawat udara.

Angkatan Laut yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) termasuk TNI AL melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Asean Rusia Naval Exercise tahun 2021 (ARNEX-21).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News