TNI AL Tingkatkan Kemampuan Operasi Laut Secara Komprehensif

TNI AL Tingkatkan Kemampuan Operasi Laut Secara Komprehensif
Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika TNI Angkatan Laut (Diskomlekal) Laksamana Pertama TNI Anang Sufiantono saat membuka Latihan Peperangan Elektronika TA 2023 di wilayah Kerja Koarmada I dan Koarmada II pada Senin (16/10). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI AL meningkatkan kemampuan operasi laut secara komprehensif. Hal tersebut seiring perkembangan teknologi militer dewasa ini yang sangat pesat.

“Kemampuan peperangan elektronika suatu negara menjadi sangat penting dikarenakan peranannya yang sangat strategis dalam menentukan keberhasilan suatu operasi termasuk  operasi  laut,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika TNI Angkatan Laut (Diskomlekal) Laksamana Pertama TNI Anang Sufiantono saat membuka Latihan Peperangan Elektronika TA 2023 di wilayah Kerja Koarmada I dan Koarmada II pada Senin (16/10).

Latihan ini dalam rangka mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Laut, Senin (16/10).

Lebih lanjut, Kadiskomlekal menyampaikan selain dibutuhkan peningkatan kemampuan peralatan pernika, personel juga membutuhkan dan perlu memiliki  tingkat pengetahuan dan keterampilan yang baik.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan seluruh aspek kemampuan peperangan elektronika TNI Angkatan Laut meliputi kemampuan, electronic warfare support, electronic protection maupun electronic attack.

“Untuk itu, penyelenggaraan latihan pernika yang komprehensif, bertingkat dan berlanjut, diharapkan akan dapat menghasilkan personel-personel yang andal yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan peperangan elektronika TNI Angkatan Laut,” ungkap Laksamana Pertama TNI Anang Sufiantono.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan, profesionalisme serta kesiapan operasional personel pengawak dan sistem pernika pada unsur-unsur TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut pada pelaksanaan Operasi Gabungan TNI.

Pelaksanaan Latihan Peperangan Elektronika digelar selama sebelas hari, mulai tanggal 16 sampai 26 Oktober 2023 di dua tempat berbeda, yaitu sebagai Tempat Latihan berlokasi di Mabesal, Mako Armada I/II, Mako Kolinlamil, Mako Pasmar 1/2, dan Puspenerbal.

TNI AL meningkatkan kemampuan operasi laut secara komprehensif. Hal tersebut seiring perkembangan teknologi militer dewasa ini yang sangat pesat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News