TNI AL Usul Penghapusan 1 Kapal Perang Buatan Korea Selatan dari Alutsista

TNI AL Usul Penghapusan 1 Kapal Perang Buatan Korea Selatan dari Alutsista
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan keterangan pers di sela-sela Pembukaan Rapat Pimpinan Saka Bahari Nasional Tahun 2022, di Markas Besar AL Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (23/3/2022). (ANTARA/Syaiful Hakim)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono menyatakan TNI AL telah mengusulkan penghapusan KRI Teluk Sampit 515 dari jajaran alat utama sistem senjata (alutsista) matra tersebut. 

Mantan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan I) itu menjelaskan alasan penghapusan satu kapal perang tersebut karenakan KRI Teluk Sampit 515 sudah berusia tua. 

Dia menjelaskan bahwa KRI Teluk Sampit 515 merupakan kapal perang buatan Korea Selatan pada 1981.  

"Besok (Kamis, 24/3) ada rapat dengar pendapat (RDP) tentang persetujuan (penghapusan) satu KRI lagi, KRI Teluk Sampit 515," kata Laksamana Yudo di sela-sela Pembukaan Rapat Pimpinan Saka Bahari Nasional di Markas Besar AL Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (23/3). 

Alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) 1998 itu mengatakan penghapusan KRI Teluk Sampit 515 dari alutsista TNI AL tersebut juga telah melalui prosedur.

"Jadi, dari TNI AL diajukan kepada Panglima TNI, Panglima TNI diajukan ke Kemhan (Kementerian Pertahanan), dari Kemhan diajukan ke Kemenkeu (Kementerian Keuangan), dan dari Kemenkeu diajukan ke Presiden,” jelasnya. 

Sebelumnya, Komisi I DPR menyetujui dua eks kapal perang TNI AL, yakni KRI Teluk Penyu 513 dan KRI Teluk Mandar 514, untuk dihapus dan dilelang karena sudah tidak layak pakai.

Penghapusan KRI Teluk Penyu dan Teluk Mandar tersebut tentunya sudah mendapat banyak persetujuan, sehingga TNI AL tinggal melelang karena sudah mendapat persetujuan DPR.

TNI AL mengusulkan penghapusan satu kapal perang buatan Korea Selatan dari alutsista. Ada apa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News