TNI AU Berhasil Usir Empat Pesawat Penyusup Ini

TNI AU Berhasil Usir Empat Pesawat Penyusup Ini
TNI AU Berhasil Usir Empat Pesawat Penyusup Ini

jpnn.com - PINANGTIMUR - Komandan Lanud Tanjungpinang, Letkol Penerbang I Ketut Wahyu Wijaya mengatakan, pihaknya berhasil mengusir serta mengamankan sebagian pesawat Singapura yang pernah terbang bebas di wilayah NKRI.

"Belum lama ini kami memaksa pesawat penyusup tersebut mendarat di Pontianak dengan menggunakan Sukoi yang terbang dari Batam. Pesawat tersebut terlalu jauh masuk ke wilayah NKRI," ujar Wahyu usai peringatan HUT ke-69 TNI AU di Lanud Tanjungpinang, Kamis (9/4)

Menurut penuturannya, selama ini TNI AU berhasil mengusir empat pesawat penyusup yang masuk ke ruang udara NKRI. Dari beberapa yang pernah menyusup tidak semua pesawat dipaksa mendarat. Ada yang sudah mengerti dengan diberi peringatan. 

Pemaksaan mendarat dilakukan jika pesawat asing tersebut tidak bisa diperingatakan secara baik-baik. "Tapi memang kebanyakan mau diperingatkan dengan baik. Kecuali yang tidak mau, barulah kami paksa mendarat, untuk jenis pesawat angkut," ujarnya.

Wahyu menegaskan, pihaknya akan melakukan tindakan tegas, jika ternyata pesawat yang menyusup adalah pesawat berjenis militer. Jika pesawat tersebut tidak bisa diperingatkan, maka pihaknya akan menghancurkannya. "Memang hanya ada dua pilihan, diperingatkan atau dihancurkan," tuturnya. (ray/lra/jpnn)

PINANGTIMUR - Komandan Lanud Tanjungpinang, Letkol Penerbang I Ketut Wahyu Wijaya mengatakan, pihaknya berhasil mengusir serta mengamankan sebagian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News